Sabtu, 25 Desember 2010

Cyanophyta (Ganggang Biru)

Ganggang biru tergolong sel yang prokarion dan strukturnya mirip sel bakteri. Pada klasifsikasi tumbuhan digolongkan pada golongan yang sama yaitu Schyzomycetes.
Struktur morfologi ganggang biru bermacam-macam ada yang bersel tunggal, berbentuk benang ada juga yang berkelompok membentuk kelompok sel yang prokarion.

Struktur ganggang biru terdiri atas lapisan penutup yang berupa selubung gelatin, dinding sel dan membran sitoplasma. Bahan kimia pembangun dinding sel yaitu molekul lipoprotein, lipopolisakharida dan mukoprotein.
Sitoplasma ganggang biru tidak mengandung endoplasmik retikulum, badan Golgi, mitokondria dan lisosom tetapi mengandung ribosom.

Proses fotosintesa pada ganggang biru yaitu pada bagian lamela yang mengandung pigmen karotenoid dan klorofil dan pigmen-pigmen lainya yang terdapat pada ganggang biru yaitu phycosianin dan phycoerytrin (fikosianin dan fikoeritin).
Alga biru uniseluler
Chroococcus hidup di air/kolam yang tenang
Gloeocapsa hidup pada batu atau epifit pada tumbuhan lain
Alga biru uniseluler berkoloni
Polycistis Spirulina dapat diolah menjadi makanan kesehatan (food suplement)
Alga biru berbentuk benang
Oscillatoria
Nostoc commune
anabaena azollae dan anabaena cycadae bersimbiosis dengan Azolla pinnata dan Cycas rumphii. Simbiosis Anabaena azollae dengan Azolla pinnata sebagai alternatif pupuk Urea, karena simbiosis ini dapat meningkatkan kadar Nitrogen di lahan persawahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap pada rel kesopanan dan tata krama.